You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Enam Unit Mesin Pompa Disiapkan di Rumah Pompa Patra
....
photo TP Moan Simanjuntak - Beritajakarta.id

Rumah Pompa Patra Siap Antisipasi Genangan di Jl Patra Raya

Untuk mengatasi genangan di Jalan Patra Raya, RT 08/02, Kelurahan Duri Kepa, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, sebanyak enam unit mesin pompa disiagakan di Rumah pompa Patra.

Berkat pelebaran saluran dan penempatan enam unit pompa

Kepala Sudin SDA Jakarta Barat, Purwanti mengatakan, Jalan Patra Raya menjadi lokasi yang rawan tergenang. Namun, sejak Desember 2020, kawasan tersebut terbebas dari genangan.

300 Pohon Pelindung Ditanam di Area Rumah Pompa Sunter Utara

Hal tersebut salah satunya berkat pelebaran saluran di depan Rumah Pompa Patra yang sebelumnya hanya selebar 50 sentimeter kini menjadi 1,5 meter. Kemudian penempatan enam mesin pompa secara permanen terdiri dari tiga unit pompa stationer masing-masing berkapasitas 1.000 liter per detik dan tiga pompa mobile dengan kapasitas 150 liter per detik, 300 liter per detik, dan 500 liter per detik.

Tak hanya itu, penambahan kolam olakan yang sebelumnya hanya dua menjadi tiga kolam olakan juga menjadikan kawasan tersebut terbebas dari genangan.

“Berkat pelebaran saluran dan penempatan enam unit pompa secara permanen ditambah keberadaan tiga kolam olakan menjadikan Jalan Patra Raya bebas genangan sejak akhir tahun 2020,” ungkap Purwanti, Senin (27/2).

Ditambahkan Purwanti, untuk pengoperasian enam unit pompa di Rumah Pompa Patra disiagakan enam personel setiap sif. Saat hujan dengan intensitas deras dan berlangsung cukup lama, sambung Purwanti, secara bergantian mesin pompa diaktifkan dengan cara air yang berada saluran air Jalan Patra Raya disedot ke kolam olakan dan selanjutnya dibuang ke Kali Sekretaris.

“Mesin pompa berfungsi normal dan siaga 24 jam, sehingga saat air mulai penuh di saluran langsung disedot sehingga tidak sampai menimbulkan genangan di Jalan Patra Raya,” jelas Purwanti.

Wahyudi (51), warga RT 08/02, Kelurahan Duri Kepa, mengaku bersyukur dan mengucapkan terima kasih atas upaya Sudin SDA Jakarta Barat mengatasi genangan di Jalan Patra Raya.

“Alhamdulillah, saat ini keberadaan Rumah Pompa Patra efektif mencegah timbulnya genangan di Jalan Patra Raya saat hujan deras yang berlangsung cukup lama. Kami mengucapkan terima kasih atas upaya Sudin SDA mengantisipasi genangan di wilayah permukiman kami,” tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. UP Metrologi Dinas PPKUKM Gelar Edukasi Metrologi Legal

    access_time30-09-2024 remove_red_eye2643 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Anwar Tinjau Lokasi Pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu di Kramat Jati

    access_time29-09-2024 remove_red_eye2267 personNurito
  3. 21 Unit Pemadam Tangani Kebakaran di Gedung Bakamla RI

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1877 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Asyik, Besok Tarif Transjakarta, MRT dan LRT Jakarta Cuma Rp 1

    access_time04-10-2024 remove_red_eye1239 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Jakarta Entrepreneur Ikut Ramaikan Pameran Premiere Classe di Paris

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1218 personAnita Karyati